Thailand Promosikan MuayThai melalui “Amazing MuayThai Festival 2023”

blog image

TAT, Jakarta - MuayThai (dikenal juga sebagai Thai Boxing) jadi salah satu olahraga yang paling dikenal di Thailand. Oleh karenanya, pemerintah Thailand sedang gencar mempromosikan MuayThai sebagai salah satu warisan budaya nasional melalui "Amazing MuayThai Festival 2023".

Festival akan diselenggarakan 4-6 Februari 2023 mendatang di Rajahat Park, Distrik Hua Hin, Provinsi Prachuap Khiri Khan. Bertepatan dengan National Muay Thai Day yang jatuh pada 6 Februari dan menjadi hari peringatan atas kenaikan pangkat Somdej Phrasanphet (Phra Chao Suea) yang dikenal karena keahliannya dalam MuayThai.

Yuthasak Supasorn, Gubernur TAT Thailand, mengatakan, "Selain sebagai warisan nasional, festival ini menjadi kesempatan bagi publik untuk mengenal lebih dalam budaya Thailand. Acara ini juga diharapkan dapat mengaktifkan Muay Thai sehingga mendorong peningkatan ekonomi dan pendapatan masyarakat, sekaligus komersialisasi investasi melalui pariwisata olahraga".

Festival akan dimeriahkan dengan berbagai aktivitas terkait Muay Thai, termasuk pameran sejarah, promosi industri, hingga upacara Wai Khru yang akan dihadiri 5 ribu peserta dan akan memecahkan rekor dunia (guinness world records).

Area pantai pinus akan dikhususkan untuk pelatihan Muay Thai, tuan rumah turnamen amatir internasional, dan lokasi pertarungan kejuaraan dunia Muay Thai. Pemerintah Kota Hua Hin juga akan mengadakan festival Muay Thai dan kompetisi "Street Fight" sepanjang minggu.

"Amazing MuayThai Festival 2023" merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi antara Tourism Authority Thailand (TAT) bersama dengan Royal Thai Army, Sports Authority of Thailand, Kementerian Kebudayaan Provinsi Prachuap Khiri Khan, dan organisasi publik Thailand Convention and Exhibition Bureau.

Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi amazingmuaythaifestival.com, Instagram @amazingmuaythaifestival, dan facebook.com/AmazingMuayThaiFestival