Thailand Secara Resmi Umumkan Status ‘Zero Case’ Covid-19

blog image

TAT, Jakarta - Pada 13 Mei lalu (hari Rabu), Thailand mengumumkan status zero case secara resmi, setelah tidak ditemukannya lagi kasus baru Covid-19. Hal ini ditandai dengan jumlah kasus positif yang tetap berada pada angka 3,017, dengan total orang yang dinyatakan sembuh sebanyak 2,844 dan meninggal dunia sebanyak 56 orang.

Menurut Dr. Taweesilp Visanuyothin, Juru Bicara Pusat Administrasi Situasi COVID-19 (CCSA), angka positif ini merupakan hasil kerjasama dari semua pihak yang telah berkontribusi dalam pengendalian penyakit. Perkembangan situasi yang terjadi memungkinkan Thailand untuk membuka kembali sektor bisnis sejak 3 Mei lalu.

Dengan diresmikannya status "zero case", Thailand telah mempertimbangkan untuk membuka lebih banyak sektor bisnis setelah 17 Mei. Terkait hal ini, CCSA dijadwalkan akan menggelar pertemuan pada hari Jumat (15/5). Bisnis dan kegiatan yang direncanakan akan dibuka kembali meliputi:

- Sektor ekonomi dan rekreasi.

Termasuk restoran, food court, kafetaria dan restoran di gedung perkantoran, pusat komunitas dan pusat perbelanjaan (kecuali bioskop), pusat kebugaran, arena bowling, taman hiburan, ruang pameran dan jual-beli amulet, serta toko eceran dan grosir. Salon kecantikan diperbolehkan untuk melayani jasa pengeriting rambut dan pewarnaan, serta layanan manikur dan pedikur.

- Sektor olahraga dan kesehatan,

termasuk klinik kecantikan dan klinik penurunan berat badan, stadion terbuka untuk olahraga tim (tanpa penonton), kebun raya, museum, galeri, perpustakaan umum, dan panti pijat kaki Thailand.

- Sektor lain

meliputi pertemuan dengan jumlah peserta terbatas dan program televisi/iklan/pemotretan (maksimal 5 orang).

Meski aktivitas mulai kembali normal, Anda tetap disarankan untuk menjaga jarak aman (setidaknya 1-2 meter), pakai masker (bedah/kain), dan rajin mencuci tangan pakai sabun. Anda juga disarankan untuk tidak melakukan kontak fisik (termasuk memeluk dan berjabat tangan), terutama dengan orang lanjut usia dan/atau yang memiliki penyakit tertentu. Untuk alternatif menyapa seseorang, Anda bisa melakukan gerakan 'Wai', salam khas Thailand.