Thailand Umumkan Pelonggaran Pembatasan Fase Ke-5

blog image

TAT, Jakarta - Kabinet Thailand telah menyetujui perpanjangan Dekrit Kedaruratan nasional selama satu bulan, sampai 31 Juli mendatang, karena pandemi COVID-19 di beberapa negara masih dalam kondisi genting. Meski begitu, Pemerintah Kerajaan Thailand telah memutuskan untuk memberikan pelonggaran pembatasan aktivitas dan bisnis fase kelima, efektif mulai 1 Juli.

Beberapa area bisnis berikut sudah dapat kembali beraktivitas normal, dengan ketentuan:

- Mal, department store, pusat komunitas, fasilitas konvensi dan pameran dapat melanjutkan jam operasional normal, tetapi tidak lebih dari jam 10 malam.

- Toko serba ada, supermarket dan bisnis sejenis dapat melanjutkan jam operasional normal.

- Pub, bar dan karaoke dapat dibuka kembali hingga tengah malam, tetapi promosi penjualan masih dilarang.

- Penjualan makanan dan minuman di restoran, pujasera dan hotel diizinkan buka kembali sampai lewat tengah malam, tetapi penjualan minuman beralkohol tidak diperbolehkan di luar jam yang ditentukan (pukul 11.00-14.00 dan 17.00-tengah malam).

- Warung internet dan game dapat melanjutkan jam operasional normal, tetapi dibatasi pada jam tertentu.

- Tempat pemandian-sauna-pijat dapat kembali ke jam operasional normal sebagaimana ditentukan o/

Semua bisnis dan kegiatan tersebut harus patuh pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, baik bagi operator bisnis maupun pelanggan, yakni pakai masker, jaga jarak sosial, sering cuci tangan, hindari kontak dengan orang lain (terutama dengan kelompok rentan), serta harus check-in dan check out menggunakan platform Thai Chana.

Anda bisa menggunakan salam Wai dari jarak 1 - 2 meter untuk menyapa orang lain. Jika tinggal bersama dengan keluarga, Anda dianjurkan untuk menggunakan masker (jika sakit), jaga jarak saat berbicara, serta tidak berbagi pakai peralatan pribadi (misalnya, alat makan dan mandi) untuk melindungi mereka dari infeksi penyakit. 

TAT terus memberikan update situasi COVID-19 terkait pariwisata di Thailand di TAT Newsroom (https://www.tatnews.org/). Untuk informasi lebih tambahan dan bantuan yang berkaitan dengan pariwisata Thailand, hubungi TAT Contact Centre 1672 atau Tourist Police 1155.