Thailand untuk Sementara Waktu Menangguhkan Visa di 21 Negara

blog image

Kementerian Dalam Negeri Thailand mengeluarkan penangguhan sementara visa kedatangan untuk 18 negara dan pembebasan visa untuk tiga negara lainnya pada tanggal 12 Maret 2020, berlaku mulai 13 Maret hingga 30 September, 2020.

Pemberian visa pada saat kedatangan ditangguhkan sementara untuk pemegang paspor dari 18 negara; yaitu, Bulgaria, Bhutan, Cina (termasuk Taiwan), Siprus, Ethiopia, Fiji, Georgia, India, Kazakhstan, Malta, Meksiko, Nauru, Papua Nugini, Rumania, Rusia, Arab Saudi, Uzbekistan, dan Vanuatu. Sebelumnya, warga negara dari negara-negara ini dapat mengajukan permohonan visa pada saat kedatangan di Thailand untuk jangka waktu tidak lebih dari 15 hari. 

Pembebasan visa turis untuk sementara ditangguhkan untuk Italia, Korea Selatan, dan Hong Kong - tiga dari total 56 negara atau wilayah yang tidak membutuhkan visa saat memasuki Thailand untuk tujuan wisata untuk jangka waktu tidak melebihi 30 hari pada setiap kunjungan. Semua visa yang ada melekat pada paspor atau dokumen perjalanan yang dikeluarkan oleh Kedutaan dan Konsulat Kerajaan Thailand sebelum penangguhan sementara tetap berlaku.

Pembaruan untuk wisatawan dari negara dengan tingkat penyebaran tinggi :

Bagi para wisatawan dari berbagai negara yang datang ke Thailand dari negara dengan tingkat penyebaran tinggi seperti yang diumumkan oleh Pemerintah Thailand pada 5 Maret 2020 (China - termasuk Hong Kong dan Makau, Italia, Iran dan Korea Selatan), mereka sekarang diharuskan untuk mengajukan permohonan untuk visa sebelum memasuki Thailand. 

Wisatawan ke Thailand disarankan untuk menghindari transit di bandara di negara dengan tingkat penyebaran tinggi karena Pemerintah Kerajaan Thailand telah memberlakukan karantina wajib selama 14 hari. 

Wisatawan ke Thailand yang transit setidaknya 12 jam di bandara di negara dengan tingkat penyebaran tinggi atau yang melewati imigrasi di negara-negara tersebut, harus melewati pemeriksaan masuk Thailand termasuk pemindaian termal, mengisi formulir T8, dan memberikan informasi yang diperlukan kepada petugas di Kantor Karantina setibanya di Thailand. Sebelum mendarat, penumpang akan memeriksa ulang suhu tubuhnya dan harus melewati pemeriksaan keluar yang disiapkan oleh maskapai. Selama masa transit, semua penumpang harus menjaga jarak dan hanya tinggal di area dekat gerbang.