Tips Bertamu secara Tertib di Thailand

blog image

Ketika berkunjung ke negara lain, tentunya selain bersenang-senang dan membuat kenangan tak terlupakan, kita juga perlu mempertimbangkan kebiasaan  dan adat istiadat setempat. Sama seperti bertamu ke rumah orang lain, ada pun beberapa aturan tidak tertulis yang perlu kita perhatikan untuk menunjukan rasa hormat. Tenang saja, berikut kami berikan beberapa tips yang perlu diketahui saat berwisata ke Thailand. Tenang saja, tidak terlalu ribet, kok!

1. Pastikan sudah melengkapi kebutuhan Visa dan Asuransi.

Bagi Warga Negara Indonesia yang akan berwisata ke Thailand, tentu tidak memerlukan Visa, namun kalau ada urusan lain seperti melanjutkan pendidikan, atau urusan lain yang mengharuskan kamu untuk tinggal lebih lama dari batas waktu free visa, harus bikin ya! Konsultasikan kebutuhan visamu di kedutaan atau kantor perwakilan consular ya. Sebaiknya, kemana pun kamu berpergian, pastikan sudah memiliki Asuransi perjalanan untuk jaga-jaga dalam keadaan darurat.

2. Hormatilah kesucian kuil-kuil di Thailand.

Walau memang terkenal sebagai salah satu objek wisata yang paling diminati, kuil pada dasarnya merupakan tempat ibadah bagi para Biksu dan pemeluk agama Buddha setempat. Ketika berkunjung, pastikan berpakaian rapi dan berperilaku sopan selama di area kuil. Oh ya, perlu tahu juga kalau ternyata sebaiknya tidak menyilangkan kaki ketika berada di depan Biksu. Orang Thailand biasanya duduk melipat kaki ke belakang seperti bersimpuh agar lebih sopan. Selain itu, ketika duduk di dalam kuil, jangan mengarahkan kaki ke arah patung Buddha ya, karena dianggap tidak sopan.

3. Ikuti kebiasaan melepas sepatu sebelum memasuki rumah warga dan juga ketika mengujunig kuil-kuil.

Perhatikan juga, bahkan terkadang beberapa toko meminta pengunjung untuk melepas sepatu sebelum masuk!

4. Menghina Keluarga Kerajaan Thailand dianggap sebagai Tindakan pidana, jadi jangan sampai menunjukkan sikap tidak menghormati mereka, ya!

5. Meletakkan kaki di atas meja dianggap sebagai Tindakan yang kurang sopan, sehingga perlu dihindari terutama di tempat umum.

Begitu juga kalau secara tidak sengaja menyentuh bagian kepala seseorang; segeralah minta maaf karena dianggap bukan perbuatan yang baik.

6. Belajarlah beberapa frasa bahasa Thai.

Hal ini tidak hanya menunjukkan rasa hormat kepada masyarakat setempat, tapi juga akan sangat bermanfaat ketika kamu tersasar dan butuh bantuan arahan. Juga bisa memudahkan ketika menawar harga saat belanja!

Walau begitu, tentu saja hal yang paling penting adalah nikmatilah waktumu di Thailand! Dengan begitu banyaknya pemandangan alam yang indah dan tempat-tempat seru untuk berbelanja, pastikan kamu memaksimalkan pengalaman berwisatamu di sana!

#nantikitakethailandlagi