TAT, Jakarta - Seiring dengan pelonggaran pembatasan aktivitas dan bisnis fase keempat, transportasi publik Bangkok telah kembali beroperasi normal sejak 15 Juni lalu. Pembukaan ini disertai dengan penerapan aturan ketat untuk mencegah penularan Covid-19, meliputi skrining suhu tubuh di pintu masuk, mewajibkan penumpang untuk pakai masker, menerapkan jaga jarak fisik, serta check-in dan check-out dengan platform Chana Thai.
Penumpang yang ingin melakukan perjalanan antar-provinsi diharuskan untuk mengisi formulir perjalanan. Hal ini dimaksudkan agar petugas kesehatan dapat mencari jejak dan melakukan pelacakan jika infeksi Covid-19 dilaporkan.
Berikut ini jadwal transportasi publik Bangkok yang kembali beroperasi normal:
Tempat parkir gratis di Stasiun BTS Mo Chit buka mulai pukul 05.00-01.00. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi www.bts.co.th, kontak +66 (0) 2617-6000 (jam layanan 06.00-24.00), atau unduh aplikasi âbtsskytrainâ.
Semua ruang parkir yang tersedia buka mulai pukul 05.00-01.00. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi www.bemplc.co.th / Facebook @BEM.MRT, kontak +66 (0) 2524-5200, atau unduh aplikasi âBangkok MRTâ.
Phya Thai - Suvarnabhumi kembali beroperasi dari pukul 05.30-24.00. Transportasi ini menambah layanan hingga 24 kereta per hari tiap Senin - Jumat. Info lebih lanjut dapat mengunjungi www.srtet.co.th atau FB Airport Rail Link.
Seluruh armada bus kembali beroperasi (sejumlah 3.000 bus) dengan total 25.000 layanan per hari. Anda bisa mengunjungi www.bmta.co.th / Facebook @BMTA atau kontak 1348 (jam layanan 05.00-22.00) untuk mendapatkan info lebih lanjut.
Sebanyak 108 layanan kereta antar-provinsi dengan SRT kembali dibuka sejak 11 Juni. Saat ini tersedia 169 kereta yang kembali beroperasi (perjalanan pulang), mencakup 11 kereta jarak jauh, 6 kereta khusus, serta 152 kereta antar-kota, reguler, dan lokal. Info lebih lanjut dapat menghubungi 1690 (24 jam).
Semua layanan bus antar-provinsi menuju Selatan dilanjutkan kembali pada 9 Juni. Beberapa perjalanan ke Utara, Timur Laut, dan Timur bahkan sudah kembali beroperasi sejak 18 Mei lalu. Per 15 Juni, saat ini telah terdapat 15 rute perjalanan ke Utara dan 22 rute ke Timur Laut.
Info lebih lanjut bisa mengunjungi www.transport.co.th / Facebook @borkorsor99 atau kontak 1490 (24 jam). Untuk info layanan tiket tersedia di www.busticket.in.th, www.pns-allthai.com, www.thaiticketmajor, dan Layanan Konter di 7-Eleven.